Dua Mahasiswa Prodi PPKn, Ikuti KMP Kemdikbud

Rabu, 06 Januari 2021 11:48 WIB   Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Foto: Dokumentasi pribadi

 

Malang (6/1). Neng Wiwin Indrawati dan Cahyo Aulia Andi Putra, Mahasiswa Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan angkatan 2017 mengikuti kegiatan Kampus Merdeka Perintis atau KMP yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI. Kegiatan ini merupakan satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM yang berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar SD berbagai desa/kota di Indonesia. Kegiatan KMP yang mereka ikuti tersebut merupakan kegiatan perdana dan diselenggarakan pada akhir tahun 2020. Peserta KMP terpilih diseleksi langsung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP dan Kemdikbud.

Neng dan Cahyo merasa bersyukur bisa mengikuti kegiatan tersebut. "Kami bersyukur bisa menjadi bagian dari 2500 peserta terpilih dari seluruh Indonesia" ujar Cahyo.

Kegiatan KMP di SDN 2 Girimoyo sebagai sekolah terpilih dimulai pada tanggal 12 Oktober 2020. Berbagai kegiatan KMP yang mereka lakukan antara guru kunjung, penerapan Modul Literasi dan Numerasi, adaptasi Teknologi berupa Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran, membantu Administrasi sekolah Berupa Kodifikasi Buku Perpustakaan dan membantu Kegiatan Sekolah Lainnya.

"Kegiatan sekolah lain yang kami lakukan saat mengikuti Program KMP seperti membantu kegiatan imunisasi pada BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah)", kata wiwin. 

Shared: