Gelaran Lomba Debat Pancasila Festival Pancasila II Disabet SMA Negeri 1 Ngantang

Senin, 14 Mei 2018 10:58 WIB

Foto: Dokumentasi panitia lomba debat

 

Malang. Sabtu (12/05) Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FKIP - UMM menyelenggarakan Lomba Debat Pancasila Tingkat SMA/MA/SMK dan Sederajat Se-Malang Raya sebagai rangkaian dari Festival Pancasila II yang menjadi agenda rutin Prodi PPKn. Lomba Debat Pancasila dilaksnakan di Aula GKB IV Kampus 3 Universitas Muhammadiyah Malang dan dibuka oleh Dr. Sudiran, M.Hum selaku Wakil Dekan I FKIP - UMM.

Dr. Sudiran, M.Hum menyatakan bahwa Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang nilai-nilainya harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Di Era Revolusi Industri 4.0 perkembangan sangat pesat terjadi di berbagai bidang termasuk pendidikan, oleh karena itu dalam lomba debat ini para siswa akan diuji terkait critical thinking mereka.

Lomba Debat Pancasila diikuti oleh siswa baik dari SMA maupun SMK yang ada di kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu. Juri dalam Lomba Debat Pancasila terdiri dari tiga juri, antara lain Moh. Wahyu Kurniawan, M.Pd., Saputra Tri Kurniawan, M.Pd., dan Rose Fitria Lutfiana, M.Pd. 

Juara 1 Lomba Debat Pancasila diraih oleh SMA Negeri 1 Ngantang dengan anggota tim Alifia Niken Sefiana, Marshanda Sephiana Nurhaliza, dan Yolandha Sephiani Nurhafifah dengan perolehan skor 979. Kemudian Juara 2 Lomba Debat Pancasila diraih oleh SMA Negeri 1 Tumpang dengan anggota tim Olnes T.M.S, Alfin Nur Cahyani, dan Anggi Okvitasari dengan perolehan skor 891. Sedangkan Juara 3 Lomba Debat Pancasila diraih oleh SMK PGRI 3 Malang dengan anggota Moch. Dwiky Darmawan Rosidi, Yogi Acil Prastowo, dan Deri Irdiantoro dengan perolehan 878 yang unggul tipis melawan SMA Negeri 1 Kepanjen Tim A dengan perolehan skor 873. 

Drs. M. Mansur Ibrahim, M.Hum selaku Kaprodi PPKn didampingi oleh para juri menyerahkan tropi, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan kepada masing-masing juara 1, juara 2 dan juara 3.

Shared: