Prodi PPKn, Kupas Tuntas KMP Dalam Serial Diskusi Kewarganegaraan

Senin, 25 Januari 2021 11:41 WIB   Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

 

Malang (25/1). Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menyelenggarakan kegiatan rutin berupa "Serial Diskusi Kewarganegaraan: Sharing Experiences Kampus Merdeka Perintis" pada hari sabtu (23/1) kemarin. Acara dimulai tepat pukul 10.00 WIB melalui live IG @ppknummofficial. Fahdian Rahmandani, host dalam acara Serial Diskusi Kewarganegaraan membuka acara dengan memperkenalkan dua pemateri yaitu Neng Wiwin Indrawati dan Cahyo Aulia Andi Putra yang merupakan mahasiswa angkatan 2017.

Wiwin dan Cahyo menjelaskan bahwa KMP atau Kampus Merdeka Perintis merupakan program yang diselenggarakan oleh Kemdikbud RI. Mereka mengikuti program tersebut setelah berhasil melewati babak seleksi yang dilakukan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Kemdikbud RI. 

"Kami mengikuti proses seleksi dan alhamdulillah lolos" ujar wiwin.

"Iya, padahal awalnya kami sempat berfikir untuk mengundurkan diri karena waktunya sangat mepet" tambah cahyo.

Lokasi yang dijadikan tempat KMP oleh keduanya adalah SDN 2 Girimoyo yang berlokasi di kecamatan karangploso kabupaten malang. Kegiatan KMP dimulai oleh keduanya pada 12 oktober 2020. Sebelum terjun ke SDN 2 Girimoyo mereka berdua mengikuti kegiatan pembelakan baik dari universitas, LPDP dan juga kemdikbud. 

"Kegiatan pembekalan dilakukan selama seminggu penuh. Dalam satu hari ada lima sesi kegiatan mulai jam 8 pagi s.d 9 malam" kata Cahyo.

Mereka juga menjelaskan bahwa kegiatan KMP yang diikuti memberikan manfaat yang luar biasa. Mahasiswa pelaksana KMP diharapkan dapat menggali informasi lebih dalam terhadap situasi terkini dunia pendidikan di lapangan, serta dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan disekolah mitra. Hal tersebut ditujukan guna pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Shared: