Prodi PPKn Lakukan Asesmen Lapangan Daring

Rabu, 17 Februari 2021 10:42 WIB   Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

 

Malang - Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang melakukan kegiatan Asesmen Lapangan Dalam Jaringan atau AL Daring pada hari senin s.d selasa 15-16 februari 2021. Kegiatan AL Daring yang dilakukan selama dua hari tersebut berjalan lancar. Kegiatan AL Daring merupakan bagian dari proses akreditasi yang diajukan oleh Prodi PPKn. Akreditasi sendiri merupakan kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Drs. M. Mansur, M.H selaku Prodi PPKn menyatakan bersyukur akhirnya dilakukan proses AL setelah menanti cukup lama. "Alhamdulillah, Prodi PPKn telah di visitasi setelah kurang lebih menunggu setahun lebih. Kami berharap mendapatkan hasil terbaik dari proses AL Daring yang telah dilakukan ini", ujarnya.

Berdasarkan Permendikbud No 5 Tahun 2020 terdapat tiga tahapan dalam proses akreditasi yaitu tahap evaluasi data dan informasi, tahap penetapan status akreditasi dan peringkat akreditasi serta tahap pemantauan dan evaluasi status akreditasi dan peringkat terakreditasi. Tahap evaluasi data dan informasi merupakan proses penilaian terhadap permohonan yang diajukan oleh Pemimpin Perguruan Tinggi ke BAN-PT. Evaluasi kecukupan atas data dan informasi sebagaimana dimaksud pada Pasal 13 ayat (1) huruf b dilakukan oleh asesor dilakukan oleh asesor (Pasal 13 ayat (2) Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020). Dalam evaluasi tersebut, asesor BAN-PT menggunakan data dan informasi di PDDikti dan dokumen lain yang diajukan oleh perguruan tinggi. Dalam hal kondisi tertentu dapat melakukan asesmen lapangan sesuai kebutuhan. Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan BAN-PT (PerBan-PT) Nomor 2 Tahun 2017, Asesmen lapangan dilakukan terhadap program studi/perguruan tinggi yang hasil asesmen kecukupannya memenuhi persyaratan. 

Asesor dari BAN-PT dalam kegiatan AL Daring yaitu Prof. Drs. M. Mukhtasar Syamsudin, M.Hum., Ph.D yang bertugas sebagai ketua asesor dan Dr. Winarno, S.Pd., M.Si yang bertugas sebagai anggota asesor. Kegiatan AL Daring dibuka tepat pukul 08.00 wib pada hari senin (15/2) oleh Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Malang, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si. 

Agenda yang dilakukan pada hari senin meliputi pembukaan, sesi dengan UPPS dan sesi dengan Prodi. Sedangkan agenda hari kedua meliputi sesi dengan dosen, pengguna internal dan ekternal serta penutup. (*ros)

Shared: