"Lokakarya Sebagai Sarana Penjaminan Mutu Akademik" Prodi PPKn adakan Lokakarya RPS Berbasis AIK.

Selasa, 06 Agustus 2024 22:37 WIB   Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

 

PPKn-UMM-News. Malang, 05 Agustus 2024 – Dalam rangka meningkatkan kualitas Pendidikan, pengajaran, dan menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul dalam bidang keilmuan tetapi juga memiliki karakter Islami yang kuat, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyelenggarakan lokakarya yang sangat penting untuk mengembangkan keilmuan berbasis islami. Lokakarya Penyusunan RPS berbasis Nilai-Nilai AL-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) ini berlangsung di ruang Laboratorium PPKn. Workshop ini menghadirkan tiga narasumber Prof. Dr. Mohammad Syaifuddin, MM, yang merupakan Kepala Lembaga Inovasi Pembelajaran (LIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Idaul Hasanah, M.Ag yang merupakan Wadek II FAI dan Dr. Ermanu Azizul Hakim, MT yang merupakan Kabag AIK dan MKWK. Dalam kesempatan tersebut, Narasumber berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai pentingnya penyusunan RPS berbasis AIK yang berkualitas.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini merupakan langkah strategis dalam mewujudkan visi dan misi Universitas Muhammadiyah Malang, khususnya dalam konteks Program Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Lokakarya ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhi standar akademik, tetapi juga untuk memastikan bahwa nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan terintegrasi secara menyeluruh dalam setiap perkuliahan.

Lokakarya ini dimulai dengan sambutan pembukaan dan seremoni pembukaan resmi oleh Prof. Dr. Trisakti Handayani, M.M Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMM. Dalam sambutannya Prof. Dr. Trisakti Handayani, M.M menekankan bahwa perlunya adanya nilai-nilai AIK Dalam penyusunan RPS untuk menanamkan akhlakul karimah pada generasi muda.

Beliau mengatakan, "Dalam Penyusunan RPS yang digunakan untuk kedepannya perlu ada nilai-nilai AIK didalamnya, semoga dengan adanya lokakarya penyusunan RPS berbasis AIK bisa lebih meningkatkan efisiensi prodi PPKn, mengingat perkembangan globalisasi yang ada, perlu menanamkan akhlakul karimah pada generasi muda saat ini dengan RPS berbasis AIK ini dapat menanamkan nilai-nilai tersebut melalui prodi PPKn”  ujarnya.

Setelah sambutan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMM, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Program Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Drs. M. Mansur, M.H. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa RPS sangat penting untuk mengukur keberhasilan  tujuan belajar.  “RPS sangat penting untuk mengukur seberapa jauh keberhasilan  tujuan belajar, jadi kita perlu menyelaraskan RPS prodi PPKn dengan nilai-nilai AIK. Maka dari itu prodi PPKn mengadakan lokakarya ini dengan mendatangkan para narasumber dari LIP, Kabag AIK dan MKWK untuk mengarahkan Prodi PPKn dalam menyusun RPS berbasis AIK” ujar M. Mansur

Kegiatan ini juga diketuai oleh Dr. Nurul Zuriah, M.Si, beliau mengakatakan “lokakarya ini penting dilakukan, tidak lain sebagai sarana penjaminan mutu akademik, dimana RPS yang disusun dosen dalam perkuliahan harus up to date dan menyesuaikan perkembangan dan tuntutan jaman. RPS yang dikembangkan selaras dengan visi dan misi prodi, fakultas dan universitas yang berbasis nilai-nilai keislaman yang di break down dari nilai-nilai AIK  (di realisasi dan aktualisasikan dengan nilai IIIMAN) yang merupakan roh dan penciri khusus  dari UMM” ujar Nurul Zuriah.

Beliau melanjutkan, “Nilai-nilai IIIMAN sebagai roh dari pembelajaran dan perkuliahan di kampus UMM harus betul- betul diaktualisasikan, diintegrasikan dan diimplementasikan dalam materi dan proses perkuliahan yang dilakukan dosen di masing-masing prodi”. (al)

Shared: